KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Alokasi
waktu :
120 menit
Jumlah
Soal : 50 butir
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 35 butir (no. 1 s.d
35)
b. Isian :
10 butir (no 36 s.d 45)
c. Uraian : 5 butir
(no. 46 s.d 50)
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/
Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
1.
Memahami instruksi
sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
|
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
|
IV/1
|
Disajikan dialog tidak lengkap dan gambar
tentang kegiatan di kelas, siswa dapat menentukan instruksi yang tepat sesuai
dengan gambar tersebut.
|
1
|
2
|
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
|
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara
berterima yang melibatkan tindakan tutur : meminta bantuan, meminta barang,
dan memberi barang
|
IV/1
|
Disajikan dialog tidak lengkap tentang ungkapan
meminta dan memberi bantuan, siswa dapat menentukan kata/frasa untuk
melengkapi dialog yang tersedia.
|
2
|
3
|
3 Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
|
3.1 Membaca
nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan
kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
|
IV/1
|
Disajikan kalimat rumpang dan gambar tentang
kegiatan di kelas, siswa
dapat menentukan kata/frasa untuk
menlengkapi kalimat yang tersedia.
|
3
|
4
|
7. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
|
5.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
IV/2
|
Disajikan dialog tidak lengkap tentang
aktivitas dalam kelas, siswa dapat menentukan kalimat instruksi yang tepat
untuk melengkapi dialog yang tersedia.
|
4
|
5
|
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
|
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang
secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
|
IV/2
|
Disajikan sebuah gambar dan dialog sederhana tidak
lengkap tentang ungkapan meminta bantuan, siswa dapat menentukan frasa yang
tepat untuk melengkapi dialog yang tersedia.
|
5
|
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta
ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui,
menyangkal, dan meminta penjelasan
|
IV/2
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang ungkapan
meminta ijin, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
6
|
||
6
|
8. Mengeja dan menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis
|
IV/2
|
Siswa dapat
menentukan susunan kalimat yang tepat berdasarkan kata –kata acak yang
tersedia.
|
7
|
7
|
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima
yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
|
V/1
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang cara menggunakan suatu alat, siswa dapat menentukan
kata/frasa yang tepat untuk melengkapai dialog yang tersedia.
|
8
|
|
|
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi
secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak
menyetujui, dan melarang
|
V/1
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang perkenalan, siswa dapat menentukan kata/frasa
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
9
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan
kalimat ungkapan ajakan yang tepat untuk melengkapi dialog yang tersedia.
|
10
|
||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
ungkapan : Do you mind … dan Shall we…
|
V/1
|
Disajikan
dialog sederhana tidak lengkap tentang ajakan untuk melakukan sesuatu, siswa
dapat menentukan frasa yang tepat untuk melengkapi ungkapan yang menggunakan
“Shall we ...”
|
11
|
||
8
|
3. Memahami tulisan bahasa
Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana
|
3.2 Memahami
kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara
tepat dan berterima
|
V/1
|
Disajikan
kalimat sederhana tentang lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan gambar
yang tepat sesuai kalimat tersebut.
|
12
|
9
|
5. Memahami instruksi sangat
sesderhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
|
5.1 Merespon
instruksi sangat sedrhan tindakan secara berterima dalam kontes sekolah.
|
V/2
|
Disajikan
sebuah gambar dan dialog tidak lengkap tentang kegiatan diluar kelas, siswa
dapat mennetukan kalimat instruksi yang tepat untuk melengkapi dialog
tersebut
|
13
|
10
|
6. Mengungkapkan instruksi
dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
6.2
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang
melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang,
dan memberi barang
|
V/2
|
Disajikan
gambar dan dialog sederhana tidak lengkap tentang memberi bantuan dalam
konteks sekolah, siswa dapat menentukan kata/frasa yang tepat untuk
melengkapi dialog tersebut.
|
14
|
6.3
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak
menyetujui, dan melarang
|
V/2
|
Disajikan
gambar tentang rambu lalu lintas, siswa dapat menentukan frase yang tepat sesuai gambar.
|
15
|
||
Siswa dapat menentukan
kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi dialog tentang kegiatan bersepeda.
|
16
|
||||
11
|
8. Mengeja dan menyalin
kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
8.1 Mengeja
kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
V/2
|
Disajikan
gambar kegiatan berkebun, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat berdasarkan
kata-acak yang tersedia.
|
17
|
12
|
1. Memahami instruksi dan
informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
|
1.3 Memahami
cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
|
VI/1
|
Disajikan
cerita bergambar sederhana, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat dari
kata tanya “Who”
|
18
|
Siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat dari kata tanya “Where”
|
19
|
||||
Siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat dari kata tanya “How”
|
20
|
||||
Siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat dari kata tanya “Yes/No”
|
21
|
||||
13
|
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara
berterima yang melibatkan tindak tutur : mengingatkan, menyatakan suka /
tidak suka, menyatakan jumlah,
menannyakan keadaan, memberi
komentar, memberi pendapat dan mengusulkan
|
VI/1
|
Disajikan dialog
tidak lengkap tentang kegiatan liburan, siswa dapat mennetukan komentar yang
tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
22
|
Disajikan
gambar dan dialog tidak lengkap tentang pencemaran lingkungan, siswa dapat
menentukan pendapat yang tepat sesuai gambar yang tersedia.
|
23
|
||||
Disajikan
dialog sederhana tidak lengkap tentang jumlah benda yang dimiliki, siswa
dapat menentukan kata tanya yang tepat untuk melengkapi dialog yang tersedia.
|
24
|
||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan :Woul you plese ..
dan May I…
|
VI/1
|
Disajikan
dialog sederhana tidak lengkap tentang kesantunan untuk meminta bantuan, siswa
dapat menentukan frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat yang menggunakan “Would you please.....”
|
25
|
||
14
|
4.
Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
secara berterima
|
VI/1
|
Disajikan sebuah
pengumuman tentang kegiatan liburan sekolah, siswa dapat menentukan pernyataan
yang tepat sesuai isi pengumuman tersebut.
|
26
|
15
|
6.
Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
6.3 Bercakap-cakap
untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan,
menanyakan, dan meminta kejelasan
|
VI/2
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang peristiwa bencana alam, siswa dapat menentukan
kalimat ungkapan perasaan yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
27
|
16
|
5. Memahami instruksi dan
informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar
peserta didik
|
5.1 Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di
dalam dan luar kelas
|
VI/2
|
Disajikan
sebuah gambar tentang kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan kalimat
instruksi yang tepat sesuai gambar.
|
28
|
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
|
VI/2
|
Disajikan
dialog sederhana dan gambar tentang permainan beregu, siswa dapat menentukan
kalimat instruksi yang tepat untuk melengkapi dialog dalam permainan
tersebut.
|
29
|
||
Disajikan
denah dan dialog tidak lengkap tentang petunjuk menuju suatu tempat, siswa
dapat menentukan kata/frasa melengkapi
dialog tersebut.
|
30
|
||||
17
|
6.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
sekitar peserta didik
|
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
ungkapan :Would you please ... dan May I…
|
VI/2
|
Disajikan
dialog sederhana tidak lengkap tentang menawarkan bantuan, siswa dapat
menentukan kata kerja/ verb yang tepat untuk melengkapi ungkapan yang
menggunakan “May I . . .”
|
31
|
18
|
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
7.3 Memahami
teks naratif bergambar sangat sederhana
|
VI/2
|
Disajikan
satu paragraf teks narasi bergambar, siswa dapat menentukan judul yang tepat
sesuai teks.
|
32
|
Siswa dapat
menentukan pernyataan yang benar sesuai teks.
|
33
|
||||
19
|
8. Menulis teks fungsional pendek sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
8.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana
secara berterima dalam konteks sekitar pesrta didik
|
VI/2
|
Disajikan
gambar alat kebersihan, siswa dapat
menentukan frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat yang tersedia.
|
34
|
8.2 Menulis kartu ucapan sangat sederhana secara
berterima
|
VI/2
|
Disajikan gambar
kartu ucapan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat sesuai gambar.
|
35
|
||
20
|
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
|
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
melibatkan ungkapan :thank you, sorry, please, dan excuse me
|
IV/1
|
Disediakan
dialog tidak lengkap tentang permintaan ijin melakukan sesuatu, siswa dapat menuliskan
kata/frasa yang tepat untuk melengkapi dialog yang tersedia.
|
36
|
21
|
7. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
7.2. Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan
berterima
|
IV/2
|
Disajikan sebuah
pengumuman tidak lengkap tentang kegiatan di dalam kelas, siswa dapat
menuliskan kata yang tepat untuk melengkapi pengumuman tersebut.
|
37
|
22
|
1. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
1.2 Merespon instruksi sangat
sederhana secara verbal
|
V/1
|
Disediakan
dialog tidak lengkap tentang perintah melakukan sesuatu, siswa dapat menuliskan
kata yang tepat untuk melengkapi dialog tesebut.
|
38
|
23
|
3. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan
ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
|
V/1
|
Siswa dapat
menuliskan kata untuk melengkapi kalimat tentang kegiatan di sekolah.
|
39
|
24
|
7. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
7.2 Memahami
kalimat dan pesan tetulis sangat
sederhana
|
V/2
|
Disajikan
gambar dan dialog tidak lengkap tentang kegemaran, siswa dapat melengkapi
dialog sesuai dengan gambar.
|
40
|
25
|
1. Memahami instruksi dan
informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
|
1.1 Merespon
instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di
dalam dan luar kelas
|
V/1
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang kegiatan berkemah, siswa dapat menuliskan kata
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
41
|
26
|
2. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
2.1
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang
melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba
dan memberi petunjuk
|
V/1
|
Disajikan
dialog tidak lengkap tentang cara membuat sesuatu, siswa dapat menuliskan
kata/ frasa yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.
|
42
|
2.3
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur : mengingatkan, menyatakan suka / tidak suka,
menyatakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat,
dan mengusulkan
|
VI/1
|
Siswa dapat
menuliskan kata tanya yang tepat untuk
melengkapi dialog tentang suatu peristiwa.
|
43
|
||
27
|
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
6.2
Bercakap-cakap untuk meminta /memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan,
memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
|
V/2
|
Disajikan gambar anak sedang kehujanan dan dialog tidak lengkap,
siswa dapat menuliskan ungkapan untuk memberi bantuan.
|
44
|
6.3. Bercakap-cakap untuk meminta /memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan,
merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan
|
V/2
|
Disajikan dialog tidak lengkap tentang rencana
kegiatan karyawisata, siswa dapat melengkapi kalimat yang menggunakan
ungkapan “Do you mind ...”
|
45
|
||
28
|
5. Memahami instruksi
sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
|
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
|
IV/2
|
Disajikan 3 (tiga) gambar kegiatan di kelas, siswa
dapat menuliskan kalimat instruksi yang sesuai pada masing-masing gambar.
|
46
|
29
|
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi dalam
konteks sekolah
|
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak
menyetujui, dan melarang
|
V/1
|
Disajikan 4 (empat) kalimat
acak tentang ungkapan persetujuan, siswa menuliskan urutan kalimat tersebut menjadi dialog yang benar.
|
47
|
30
|
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima
yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
|
V/2
|
Disajikan 4 (empat) kalimat
acak tentang cara mengoperasikan
suatu alat, siswa dapat menuliskan urutan kalimat dengan benar.
|
48
|
31
|
3.Memahami teks fungsional
pendek dan deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
3.1 Membaca
nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan
berterima
|
VI/1
|
Disajikan
format biodata, siswa dapat menuliskan 5 (lima) informasi pribadi.
|
49
|
32
|
7. Memahami teks fungsional
pendek dan deskriptif bergambar sangat
sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
7.2 Memahami
teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
VI/2
|
Disajikan
gambar objek wisata, siswa dapat menuliskan 4 (empat) kalimat sesuai dengan
gambar.
|
50
|
BAHASA
INGGRIS
1. UJIAN TULIS
A. Pilihan Ganda
u Jumlah
soal 35
soal
u Setiap
jawaban benar mendapat skor 1,7
u Jawaban
salah mendapat skor 0
u Skor
maksimal pilihan ganda 60
B. Isian
u Jumlah
soal 10
soal
u Setiap
jawaban benar mendapat skor 2
u Skor
maksimal untuk soal isian 20
C. Uraian
NO
|
KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
SKOR MAKSIMAL
|
46
|
Jawaban benar 3
Jawaban benar 2
Jawaban benar 1
Jawaban salah/ tidak mengerjakan
|
3
2
1
0
|
3
|
47
|
Jawaban benar 4
Jawaban benar 3
Jawaban benar 2
Jawaban benar 1
Jawaban salah/ tidak
mengerjakan
|
4
3
2
1
0
|
4
|
48
|
Jawaban benar 4
Jawaban benar 3
Jawaban benar 2
Jawaban benar 1
Jawaban salah/ tidak
mengerjakan
|
4
3
2
1
0
|
4
|
49
|
Jawaban benar 5
Jawaban benar 4
Jawaban benar 3
Jawaban benar 2
Jawaban benar 1
Jawaban salah/ tidak
mengerjakan
|
5
4
3
2
1
0
|
5
|
50
|
Jawaban benar 4
Jawaban benar 3
Jawaban benar 2
Jawaban benar 1
Jawaban salah/ tidak
mengerjakan
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Skor maksimal untuk soal uraian = 20
Jumlah skor maksimal ( Pilihan Ganda + Isian +
Uraian ) : 100
NILAI
AKHIR = Skor perolehan X 100
Skor maksimal
TABEL
SKOR SOAL PILIHAN GANDA
Jumlah Jawaban benar
|
Skor
|
Jumlah Jawaban benar
|
Skor
|
1
|
1,7
|
21
|
36,0
|
2
|
3,4
|
22
|
37,7
|
3
|
5,1
|
23
|
39,4
|
4
|
6,9
|
24
|
41,1
|
5
|
8,6
|
25
|
42,9
|
6
|
10,3
|
26
|
44,6
|
7
|
12,0
|
27
|
46,3
|
8
|
13,7
|
28
|
48,0
|
9
|
14,4
|
29
|
48,7
|
10
|
17,1
|
30
|
51,4
|
11
|
18,9
|
31
|
53,1
|
12
|
20,9
|
32
|
54,8
|
13
|
22,3
|
33
|
56,6
|
14
|
24,0
|
34
|
58,3
|
15
|
25,7
|
35
|
60,0
|
16
|
27,4
|
|
|
17
|
29,1
|
|
|
18
|
30,9
|
|
|
19
|
32,6
|
|
|
20
|
34,3
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar