KISI –
KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengatahuan Sosial
Alokasi Waktu :
120 menit
Jumlah Soal :
50 butir
Bentuk Soal :
a. Pilihan Ganda : 35 butir (no. 1
s.d. 35)
b. Isian :
10 butir (no. 36 s.d. 45)
c. Uraian :
5 butir (no. 46 s.d. 50)
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
No
Soal
|
|
1
|
1. Memahami sejarah kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
|
1.1. Membaca peta lingkungan
setempat (Kab/ Kota, Propinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
|
IV/1
|
Disajikan peta Propinsi Jawa Timur, siswa dapat menentukan arti simbol pada peta tersebut.
|
1
|
|
1.2.
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan Kabupaten/Kota dan Provinsi
serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya
|
IV/1
|
Siswa dapat menentukan kenampakan alam yang ada di lingkungan setempat
|
2
|
|||
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran
sumberdaya alam serta pemanfa-atannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
|
IV/1
|
Siswa dapat
menentukan manfaat sumber daya alam di lingkungan setempat.
|
3
|
|||
1.4. Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat ( kabupaten/kota, provinsi)
|
IV/1
|
Siswa dapat menentukan ragam budaya di wilayah provinsi setempat.
|
4
|
|||
1.5. Menghargai berbagai peninggalan
sejarah di lingkungan setempat Kab/ Kota, Propinsi, dan menjaga
kelestariannya.
|
IV/1
|
Siswa dapat menentukan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah di
lingkungan setempat.
|
5
|
|||
1.6.Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya .
|
IV/1
|
Disajikan deskripsi tentang sikap kepahlawanan , siswa dapat menentukan cara
meneladani sikap kepahlawanan tersebut.
|
6
|
|||
2
|
2. Mengenal sumber
daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
|
2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
|
IV/2
|
Disajikan deskripsi tentang potensi alam suatu daerah , siswa dapat
menentukan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan daerah tertentu
|
7
|
|
3
|
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
1.1 Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan
Islam di Indonesia.
|
V/1
|
Disajikan gambar peninggalan sejarah bercorak
Hindu-Budha, Islam , siswa dapat menentukan jenis peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia.
|
8
|
|
1.2 Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
|
V/1
|
Siswa dapat menentukan tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu, Budha, dan
Islam di Indonesia.
|
9
|
|||
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
|
V/1
|
Disajikan gambar peta Indonesia tentang
pembagian waktu , siswa dapat menentukan nama daerah yang termasuk dalam pembagian waktu di Indonesia .
|
10
|
|||
V/1
|
Disajikan deskripsi tentang waktu suatu daerah , siswa
dapat menentukan perbedaan waktu antara dua daerah yang berbeda.
|
11
|
||||
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
|
V/1
|
Siswa dapat menentukan contoh
sikap menghargai
ragam budaya di Indonesia.
|
12
|
|||
1.5 Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
V/1
|
Siswa dapat
menentukan badan usaha yang
dikelola oleh swasta.
|
13
|
|||
4
|
2. Menghargai peranan tokoh
pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia.
|
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
|
V/2
|
Siswa dapat menentukan nama
organisasi bentukan Jepang.
|
14
|
|
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
|
V/2
|
Disajikan deskripsi tentang sikap kepahlawanan dalam mempersiapkan
kemerdekaan, siswa
dapat menentukan cara meneladani
sikap kepahlawanan tersebut.
|
15
|
|||
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan.
|
V/2
|
Siswa dapat menentukan tokoh-tokoh penting
dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
|
16
|
|||
2.4 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
V/2
|
Siswa dapat menentukan nama perlawanan rakyat di daerah tertentu dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
17
|
|||
V/2
|
Disajikan gambar pahlawan nasional, siswa dapat menentukan nama pahlawan
tersebut.
|
18
|
||||
5
|
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
|
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia .
|
VI/1
|
Disajikan peta Indonesia siswa dapat menentukan nama provinsi yang merupakan hasil pemekaran .
|
19
|
|
VI /1
|
Disajikan gambar Zona Laut Indonesia, siswa dapat menentukan wilayah
laut Indonesia.
|
20
|
||||
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan
nama bahasa resmi salah satu negara di Asia tenggara .
|
21
|
|||
VI/1
|
Disajikan gambar peta ASEAN siswa
dapat menentukan nama sungai yang
ada di kawasan negara Asia Tenggara .
|
22
|
||||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan batas alam
yang memisahkan antara benua satu dengan benua lainnya.
|
23
|
|||
VI/1
|
Disajikan deskripsi tentang penyelenggaraan sepak bola
piala dunia, siswa dapat menentukan nama negara sebagai tuan rumah piala
dunia.
|
24
|
||||
VI/1
|
Siswa dapat menentukan nama gurun
terluas
di benua tertentu.
|
25
|
||||
VI/1
|
Disajikan sebuah tabel tentang nama-nama negara di Eropa, siswa dapat menentukan nama negara yang termasuk kawasan Eropa Barat .
|
26
|
||||
VI/1
|
Siswa dapat menentukan nama gunung tertinggi di benua tertentu.
|
27
|
||||
6
|
2. Memahami gejala alam yang ter
Jadi di Indonesia dan
sekitarnya
|
2.1 Mendiskripsikan gejala (peristiwa)
alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga .
|
VI/2
|
Siswa dapat menentukan penyebab
terjadinya peristiwa alam di negara
tetangga.
|
28
|
|
VI/2
|
Disajikan gambar lambang ASEAN siswa
dapat menentukan arti dari simbol tersebut
|
29
|
||||
VI/2
|
Siswa dapat menentukan nama-nama gunung-berapi
yang masih aktif di Indonesia.
|
30
|
||||
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
|
VI/2
|
Siswa dapat
menentukan cara menghadapi apabila
terjadi bencana alam.
|
31
|
|||
7
|
3. Memahami
peranan bangsa Indonesia di era global.
|
3.1 Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia .
|
VI/2
|
Siswa dapat
menentukan dampak positif
era globalisasi .
|
32
|
|
VI/2
|
Siswa dapat
menentukan dampak positif berdirinya perusahaan asing bagi Indonesia
di bidang tenaga kerja .
|
33
|
||||
3.2 Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
|
VI/2
|
Siswa dapat menentukan
contoh barang ekspor Indonesia ke negara lain .
|
34
|
|||
VI/2
|
Siswa dapat
menentukan negara yang mengimpor mobil ke Indonesia.
|
35
|
||||
8
|
2. Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten / Kota
dan Propinsi
|
2.2. Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
|
IV/2
|
Siswa dapat menyebutkan manfaat koperasi menurut jenisnya.
|
36
|
|
2.3. Mengenal
perkembangan teknologi produksi , komunikasi, dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya.
|
IV/2
|
Disajikan gambar alat komunikasi modern siswa dapat menyebutkan nama alat
tersebut.
|
37
|
|||
9.
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
2.1
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda
dan Jepang
|
V/2
|
Disajikan deskripsi tentang
perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang, siswa dapat
menyebutkan nama tokoh pejuang tersebut.
|
38
|
|
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan.
|
V/2
|
Disajikan nama tokoh
pejuang, siswa dapat menyebutkan peranan tokoh pejuang tersebut dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
39
|
|||
10
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
V/2
|
Siswa dapat menyebutkan sebuah peristiwa diplomasi dalam usaha
memperoleh pengakuan kedaulatan dari negara lain.
|
40
|
|
11
|
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
|
1.2 Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga .
|
VI /1
|
Siswa dapat menyebutkan bentuk pemerintahan salah
satu Negara ASEAN .
|
41
|
|
IV/ 1
|
Disajikan nama salah
satu negara yang ada di benua Asia siswa dapat
menyebutkan nama keajaiban dunia.
|
42
|
||||
12.
|
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
sekitarnya
|
2.1
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga .
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan peristiwa
alam yang dapat merugikan manusia.
|
43
|
|
2.2 Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam .
|
VI/2
|
Siswa dapat
menyebutkan cara mencegah
terjadinya bencana alam.
|
44
|
|||
13.
|
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global
|
3.1. Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta
negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia .
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan dampak negatif era globalisasi dalam bidang ekonomi.
|
45
|
|
14.
|
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
|
2.4. Mengenal permasalahan sosial
di daerahnya.
|
IV/2
|
Siswa dapat menyebutkan 3 (tiga) cara mengatasi masalah sosial yang
ada di kota besar.
|
46
|
|
15.
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
|
V/2
|
Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga)
latar belakang bangsa asing menjajah Indonesia.
|
47
|
|
16.
|
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
|
1.2. Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga .
|
VI/1
|
Siswa dapat menjelaskan 3
(tiga) persamaam keadaan sosial negara-negara di Asia
Tenggara .
|
48
|
|
2. Memahami gejala alam yang ter-
jadi di Indonesia dan
sekitarnya
|
2.1 Mendeskripsikan gejala
(peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga .
|
VI/2
|
Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga) penyebab terjadinya bencana/peristiwa alam
di Asia Tenggara
|
49
|
||
17.
|
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global.
|
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
|
VI/2
|
Siswa dapat
menyebutkan 3 ( tiga ) manfaat kegiatan ekspor, import bagi suatu negara.
|
50
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar