Rabu, 02 April 2014

KISI – KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Mata Pelajaran            : Ilmu Pengatahuan Sosial
Alokasi Waktu            : 120 menit
Jumlah Soal                 : 50 butir
Bentuk Soal                : a. Pilihan Ganda     : 35 butir (no. 1   s.d. 35)
                                      b. Isian                   : 10 butir (no. 36 s.d. 45)
                                      c. Uraian                 : 5   butir (no. 46 s.d. 50)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas
Indikator
No Soal
1
1.     Memahami sejarah kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

1.1. Membaca peta lingkungan setempat (Kab/ Kota, Propinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
IV/1
Disajikan peta Propinsi Jawa Timur, siswa dapat menentukan arti simbol  pada peta tersebut.
1
1.2. Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan Kabupaten/Kota dan Provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya
IV/1
Siswa dapat menentukan kenampakan alam yang ada di lingkungan setempat
2
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumberdaya alam serta pemanfa-atannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
IV/1
Siswa dapat menentukan manfaat  sumber daya alam di lingkungan setempat.


3
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat ( kabupaten/kota, provinsi)
IV/1
Siswa dapat menentukan ragam budaya di wilayah provinsi setempat.
4
1.5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat Kab/ Kota, Propinsi, dan menjaga kelestariannya.
IV/1
Siswa dapat menentukan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah di lingkungan setempat.


5
1.6.Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya .     
IV/1
Disajikan deskripsi tentang sikap kepahlawanan , siswa dapat menentukan cara meneladani sikap kepahlawanan tersebut.
6
2
2.     Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi.

2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
IV/2
Disajikan deskripsi tentang potensi alam suatu daerah , siswa dapat menentukan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan daerah tertentu
7
3
1.   Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
1.1  Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
V/1
Disajikan gambar peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha, Islam , siswa dapat menentukan jenis peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha dan Islam  di Indonesia.
8
1.2   Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
V/1
Siswa dapat menentukan tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.
9
1.3   Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
V/1
Disajikan gambar peta Indonesia  tentang pembagian waktu , siswa dapat menentukan nama daerah yang termasuk dalam pembagian waktu di Indonesia .


10
V/1
Disajikan deskripsi tentang waktu suatu daerah , siswa dapat menentukan perbedaan waktu antara dua daerah yang berbeda.
11
1.4   Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
V/1
Siswa dapat menentukan contoh sikap  menghargai ragam budaya di Indonesia.
12
1.5  Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
V/1
Siswa dapat menentukan badan usaha yang dikelola oleh swasta.
13
4
2.   Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
V/2
Siswa dapat menentukan nama organisasi bentukan Jepang.
14
2.2   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
V/2
Disajikan deskripsi tentang sikap kepahlawanan dalam mempersiapkan kemerdekaan, siswa dapat menentukan cara meneladani sikap kepahlawanan tersebut.
15

2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.
V/2
Siswa dapat menentukan tokoh-tokoh penting dalam  peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.
16
2.4   Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
V/2
Siswa dapat menentukan nama perlawanan rakyat di daerah tertentu  dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
17

V/2
Disajikan gambar pahlawan nasional, siswa dapat menentukan nama pahlawan tersebut.

18
5
1.     Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua.
1.1  Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia .
VI/1
Disajikan peta  Indonesia siswa dapat menentukan nama provinsi yang merupakan  hasil pemekaran .
19
VI /1
Disajikan gambar Zona Laut Indonesia, siswa dapat menentukan  wilayah   laut  Indonesia.
20
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
VI/1
Siswa dapat menentukan nama bahasa  resmi salah satu negara di Asia tenggara .
21
VI/1
Disajikan gambar peta ASEAN siswa dapat menentukan nama sungai yang ada di kawasan negara Asia Tenggara .

22
1.3 Mengidentifikasi benua-benua.
VI/1
Siswa dapat menentukan batas alam yang memisahkan antara benua satu dengan benua lainnya.
23
VI/1
Disajikan deskripsi tentang penyelenggaraan sepak bola piala dunia, siswa dapat menentukan nama negara sebagai tuan rumah piala dunia.
24
VI/1
Siswa dapat menentukan nama gurun  terluas  di benua tertentu.
25
VI/1
Disajikan sebuah tabel tentang  nama-nama negara di Eropa, siswa dapat menentukan nama  negara yang termasuk kawasan Eropa Barat .
26
VI/1
Siswa dapat menentukan nama  gunung tertinggi di benua tertentu.
27
6
2. Memahami gejala alam yang ter
   Jadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1 Mendiskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga .
VI/2
Siswa dapat menentukan penyebab terjadinya peristiwa alam  di negara tetangga.
28
VI/2
Disajikan gambar lambang ASEAN siswa dapat menentukan arti dari simbol tersebut
29
VI/2
Siswa dapat menentukan nama-nama gunung-berapi yang masih aktif di Indonesia.
30
2.2   Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

VI/2
Siswa dapat menentukan cara menghadapi apabila terjadi bencana alam.
31
7
3.     Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global.

3.1  Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia .
VI/2
Siswa dapat menentukan  dampak  positif  era globalisasi .
32
VI/2
Siswa dapat menentukan  dampak  positif  berdirinya perusahaan asing bagi Indonesia di bidang tenaga kerja .
33
3.2  Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI/2
Siswa dapat menentukan contoh barang ekspor  Indonesia ke negara lain .
34
VI/2
Siswa dapat menentukan  negara yang mengimpor mobil ke  Indonesia.
35
8
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten / Kota dan Propinsi
2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
IV/2
Siswa dapat menyebutkan manfaat koperasi menurut  jenisnya.
36


2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi , komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.

IV/2
Disajikan gambar alat komunikasi modern siswa dapat menyebutkan nama alat tersebut.
37
9.
2.   Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
V/2
Disajikan deskripsi tentang perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang, siswa dapat menyebutkan nama tokoh pejuang tersebut.
38


2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.
V/2
Disajikan nama tokoh pejuang, siswa dapat menyebutkan peranan tokoh pejuang tersebut  dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
39
10
2.   Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.4  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
V/2
Siswa dapat menyebutkan sebuah peristiwa diplomasi dalam usaha memperoleh pengakuan kedaulatan dari negara lain.
40
11
1.  Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua.
1.2  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga .
VI /1
Siswa dapat menyebutkan bentuk pemerintahan   salah satu Negara ASEAN .
41
IV/ 1
Disajikan nama salah satu negara yang ada di benua Asia siswa dapat menyebutkan nama keajaiban dunia.   
42
12.
2.  Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1      Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga  .
VI/2
Siswa dapat menyebutkan peristiwa alam yang dapat merugikan manusia.

43
2.2   Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam .
VI/2
Siswa dapat menyebutkan  cara  mencegah 
 terjadinya  bencana alam.
44
13.
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global
3.1. Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia .
VI/2
Siswa dapat menyebutkan dampak negatif era  globalisasi dalam bidang ekonomi.
45
14.
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi
2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya.
IV/2
Siswa dapat menyebutkan 3  (tiga) cara mengatasi masalah sosial yang ada di kota besar.
46
15.
2.   Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
V/2
Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga) latar belakang bangsa asing menjajah Indonesia.
47
16.
1.  Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua.
 1.2. Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga .
VI/1
Siswa dapat menjelaskan  3 (tiga) persamaam keadaan sosial negara-negara di  Asia Tenggara  .
48
2. Memahami gejala alam yang ter-
   jadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1   Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga  .
VI/2
Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga)  penyebab terjadinya bencana/peristiwa alam di Asia Tenggara
49
17.
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global.
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI/2
Siswa dapat menyebutkan 3 ( tiga ) manfaat kegiatan ekspor, import  bagi suatu negara.
50

                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar