KISI-KISI UJIAN
TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Mata Pelajaran
|
: BAHASA JAWA
|
|
Alokasi Waktu
|
: 120 menit
|
|
Jumlah Soal
|
: 50 Soal
|
|
Bentuk Soal
|
: a. Pilihan Ganda
|
:
35 Soal
|
b.
Isian
|
:
10 Soal
|
|
c.
Uraian
|
: 5 Soal
|
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
1.
|
3.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
3.2 Membaca pemahaman.
|
IV/1
|
·
Disajikan
dua paragraf bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata
tanya “apa”.
|
1
|
3.1
Membaca indah geguritan.
|
IV/1
|
·
Disajikan
satu bait geguritan, siswa dapat
menentukan pesan yang terkandung dalam geguritan.
|
2
|
||
2.
|
4. Menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa
sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
4.2 Menulis pengumuman.
|
IV/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan
sinonim dari salah satu kata dalam kalimat.
·
Siswa
dapat menentukan penulisan kalimat berita yang benar.
|
3
4
|
4.1
Menulis
kalimat dengan huruf Jawa dengan sandhangan
panyigeg dan wyanjana.
|
IV/1
|
·
Siswa
dapat menentukan penulisan sebuah kalimat tanya dalam huruf Jawa yang
menggunakan sandhangan panyigeg atau wyanjana.
|
5
|
||
3.
|
7.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
7.2 Mengapresiasikan tembang Macapat.
|
IV/2
|
·
Disajikan
satu bait tembang Pocung siswa
dapat menjawab teka-teki dalam tembang Pocung
tersebut.
|
6
|
4.
|
8. Menulis menggunakan huruf
Latin/ Jawa sesuai aturan
serta dapat menggunakan dalam
berbagai keperluan.
|
8.2 Menulis disposisi.
|
IV/2
|
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan tembung wilangan.
|
7
|
5.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
V/I
|
·
Disajikan
tembang macapat “Sinom”, siswa
dapat menentukan guru lagu dan guru wilangan pada salah satu gatra.
|
8
|
3.2 Membaca pemahaman.
|
·
Disajikan
sebuah paragraf bacaan dengan tema “Kepahlawanan” siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “dimana”.
|
9
|
|||
3.3
Membaca
cepat tulisan huruf Jawa.
|
·
Disajikan
sebuah kata yang mengandung suku kata re/ le, siswa dapat menentukan
penulisan dengan huruf Jawa yang benar.
|
10
|
|||
6.
|
4. Mengungkapkan gagasan, pendapat dalam berbagai ragam
bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra)
dengan huruf Latin/ huruf Jawa.
|
4.1
Menulis
kalimat dengan basa rinengga.
|
V/I
|
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan tembung
panyandra perangane awak.
|
11
|
·
Siswa
melengkapi kalimat rumpang dengan tembung
pepindhan yang tepat.
|
12
|
||||
4.1 Menulis dengan huruf
Jawa menggunakan pasangan ha sampai
la.
|
V/I
|
·
Siswa
dapat menentukan penulisan kalimat dalam huruf Jawa yang menggunakan pasangan ha sampai dengan la.
|
13
|
||
7.
|
7.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
7.1 Membaca
indah geguritan.
|
V/II
|
·
Disajikan sebuah teks geguritan , siswa dapat menentukan
latar tempat/ waktu kejadian dalam geguritan
tersebut.
|
14
|
8.
|
8. Menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai kaidah bahasa Jawa.
|
8.2
Mengapresiasi
cerita rakyat / dongeng.
|
V/II
|
·
Disajikan penggalan cerita
rakyat/ dongeng setempat yang umum dikenal, siswa dapat :
-
menentukan tokoh utama.
-
menentukan watak/karakter
salah satu tokoh.
-
|
15
16
|
8.1
Menulis
kalimat dengan huruf Latin dan huruf Jawa dengan menggunakan pasangan pa sampai nga.
|
V/II
|
·
Disajikan sebuah kalimat yang
rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata yang menggunakan seselan -um-/ -in- yang tepat.
|
17
|
||
8.3 Menulis karangan.
|
V/II
|
·
Disajikan sebuah paragraf
rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
18
|
||
9.
|
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan serta
perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
2.2 Melakukan wawancara.
|
VI/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat wawancara rumpang,
siswa dapat melengkapi dengan kata dalam basa
ngoko.
·
Siswa dapat memilih kalimat tanya yang tepat
untuk wawancara mengenai perjuangan.
|
19
20
|
10.
|
4.
Menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa
sesuai dengan teknik membaca.
|
4.1 Menulis karangan.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat melengkapi sebuah kalimat dengan tembung saroja yang tepat.
|
21
|
11.
|
3. Membaca
dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca pemahaman.
|
VI/1
|
·
Disajikan teks bacaan sederhana bertema “bencana
alam”, siswa dapat:
-
menentukan judul bacaan yang tepat.
-
menentukan kesimpulan isi bacaan.
|
22
23
|
3.2 Membaca indah geguritan.
|
VI/1
|
·
Disajikan teks geguritan sederhana bertema “bencana alam”, siswa dapat :
-
menentukan isi geguritan.
-
menjelaskan arti salah satu kalimat dalam geguritan.
|
24
25
|
||
12.
|
4.
Mampu menulis karangan dalam berbagai ragam
bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis karangan.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan paribasan yang tepat.
·
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan
paribasan yang sesuai.
|
26
27
|
4.2
Menulis kalimat berhuruf Jawa.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat
dengan huruf Jawa.
|
28
|
||
13.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan serta perasaan menggunakan
tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
6.3
Menyampaikan pesan/ informasi yang diperoleh
dari nara sumber.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat mengubah kalimat tidak langsung (ukara crita) menjadi kalimat langsung
(ukara kandha).
·
Siswa dapat mengubah kalimat aktif (ukara tanduk) menjadi kalimat pasif (ukara tanggap).
|
29
30
|
14.
|
7
Membaca dan memahami ragam teksbacaan dengan
berbagai teknik membaca.
|
7.3
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
VI/2
|
·
Disajikan deskripsi paugeran tembang Macapat,
siswa dapat menentukan nama paugeran
tersebut.
|
31
|
15.
|
8
Menulis karangan menggunakan gagasan, pendapat
untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin/ huruf Jawa secara tertulis.
|
8.2 Menulis karangan.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat parikan.
·
Siswa
dapat menentukan wasesa kalimat.
|
32
33
|
16.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
6.1 Berpidato/memberi
sambutan berbagai acara di sekolah.
|
VI/2
|
·
Disajikan teks pidato rumpang pada bagian
penutupnya, siswa dapat :
-
menentukan isi pidato.
-
melengkapi kalimat penutup pidato.
|
34
35
|
17.
|
2.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, serta
perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai dengan tata krama .
|
2.1
Bercerita tentang pengalaman yang menarik
dengan unggah-ungguh basa yang
baik.
|
IV/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat basa ngoko, siswa dapat mengubah sebuah kata menjadi basa krama.
|
36
|
18.
|
8.
Menulis menggunakan huruf Jawa/ Latin sesuai
aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
8.1
Menulis kalimat dengan huruf Jawa yang
mengandung ater-ater dan panambang.
|
IV/2
|
·
Disajikan satu kata dalam huruf Jawa yang
mengandung ater-ater dan panambang, siswa dapat mengubah dalam
huruf latin.
|
37
|
19.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan
berbagai teknik membaca.
|
3.1
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
·
Disajikan satu bait tembang Kinanthi, siswa dapat menyebutkan guru gatranya.
|
38
|
|
3.2
Membaca pemahaman.
|
V/1
|
·
Disajikan sebuah paragraf bertema “budaya”,
siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi paragraf.
|
39
|
||
20.
|
4.
Mengungkapkan gagasa, pendapat dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/huruf
Jawa.
|
4.2
Menulis dengan huruf Jawa menggunakan pasangan ha sampai la.
|
V/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat pendek, siswa dapat
menulis dengan huruf Jawa yang
menggunakan pasangan.
|
40
|
21.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan
berbagai teknik membaca.
|
3.1
Membaca pemahaman.
|
VI/1
|
·
Disajikan satu paragraf cerita wayang Pandhawa, siswa dapat menentukan
tokoh utama dalam cerita.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan nama
lain dari salah satu tokoh Pandhawa.
·
Disajikan sebuah gambar tokoh wayang, siswa
dapat menentukan nama tokoh.
|
41
42
43
|
22.
|
8.
Mengungkapkan gagasan, pendapat untuk berbagai
keperluan dengan huruf Latin dan huruf Jawa.
|
8.1
Menulis surat pribadi.
8.2
Menulis karangan.
|
VI/2
|
·
Disajikan contoh surat, siswa dapat
menyebutkan jenis surat tersebut.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tembung entar.
|
44
45
|
23.
|
8.
Menulis menggunakan huruf Latin/ Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan
dalam berbagai keperluan.
|
8.2 Menuliskan disposisi/
cara membuat sesuatu atau langkah.
|
IV/2
|
·
Disajikan gambar sebuah benda, siswa dapat
menentukan langkah-langkah pembuatan dalam 4 (empat) kalimat yang runtut.
|
46
|
24.
|
8.
Menuliskan karangan dalam berbagai ragam
bahasa sesuai dengan kaidah bahasa.
|
8.3 Menulis karangan.
|
V/2
|
·
Disajikan 4 (empat) kalimat acak, siswa dapat
mengurutkan menjadi paragraf yang padu.
|
47
|
25.
|
7.
Membaca dan memahami teks bacaan dengan
berbagai teknik membaca.
|
7.1
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat menulis kalimat cangkriman yang berupa tembang Pucung beserta batangannya.
|
48
|
26.
|
4.
Mengungkapkan gagasan, pendapat dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/ huruf Jawa.
|
4.1
Menulis kalimat dengan basa rinengga.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat menuliskan satu contoh kalimat purwakanthi.
|
49
|
27.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan
berbagai teknik membaca
|
3.3 Membaca indah geguritan
|
VI/ 1
|
Disajikan satu bait geguritan bertema pendidikan, siswa
dapat membuat parafrasenya.
|
50
|
The 7 best casino apps for iPhone and iPad
BalasHapusx to get the best 계룡 출장마사지 value on mobile The 대전광역 출장안마 7 best casino 의정부 출장마사지 apps 영주 출장안마 for iPhone and iPad. The 7 best casino apps 충청북도 출장마사지 for iPhone and iPad.