Selasa, 15 April 2014

KISI-KISI UJIAN TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

                                                                                                Mata Pelajaran : PKn
                                                                                                Alokasi Waktu            : 120 menit
                                                                                                Jumlah Soal                 : 50 soal
                                                                                                Bentuk Soal                : a. Pilihan Ganda        : 35 soal
                                                                                                                                      b. Isian                      : 10 soal
                                                                                                                                      c. Uraian                    :   5 soal

No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas/
Smt
Indikator
No soal
   1
1.   Memahami sistem pemerintahan desa  dan pemerintah  kecamatan.                                                                      
1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

IV/1
Siswa dapat menentukan lembaga pemerintahan desa yang bertugas menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa.
1
1.2  Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.

IV/1
Disajikan  bagan/struktur pemerintahan desa yang belum lengkap,  siswa dapat melengkapinya.
2
2
2.   Memahami sistem pemerintahan kabupaten,  kota,  dan  provinsi .           
2.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten,  kota,  dan provinsi.



IV/1
Siswa dapat menyebutkan salah satu hak dari DPRD.
3
3
3.   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
3.2. Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti: Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri.
IV/2
Siswa dapat menentukan organisasi di tingkat pusat yang membantu presiden dalam melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari.
4
4
4.   Menunjukkan  sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
4.1  Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
IV/2
Siswa dapat menjelaskan salah satu dampak positif dari pengaruh globalisasi di lingkungannya.
5
4.2  Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

IV/2
Siswa dapat menentukan  salah satu jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi internasional.
6
4.3 Menentukan sikap        terhadap pengaruh         globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

IV/2
Siswa dapat menentukan salah satu sikap dalam menanggulangi pengaruh negatif dari globalisasi di bidang IPTEK.
7
5.
 1.  Memahami pentingnya   keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.3  Menunjukkan contoh- contoh perilaku dalam          menjaga keutuhan Negara    Kesatuan Republik Indonesia .



V/1
Siswa dapat menentukan salah satu contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
8
6
2.   Memahami peraturan  perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
2.1 Menjelaskan pengertian  dan pentingnya peraturan       perundang – undangan tingkat pusat dan daerah.

V/1
Siswa dapat menentukan salah satu dari tujuan dibuatnya peraturan perundang-undangan baik di tingkat pusat maupun daerah.
9
2.2 Memberikan contoh peraturan  perundang-undangan  tingkat pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok.

V/1
Siswa dapat menentukan salah satu contoh peraturan  perundang-undangan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.
10
2.2 Memberikan contoh peraturan  perundang-undangan  tingkat pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalulintas, larangan merokok.

V/1
Disajikan daftar peraturan perundang-undangan, siswa dapat menyebutkan jenis  peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat.
11
2.2 Memberikan contoh peraturan  perundang-undangan  tingkat pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalulintas, dan larangan merokok.



V/1
Siswa dapat menentukan  lembaga pemerintahan yang berwenang membuat peraturan daerah.
12
7
3.   Memahami kebebasan    berorganisasi.
 .

3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi.

V/2
Siswa dapat menentukan  pengertian organisasi.
13
3.2 Menyebutkan contoh
       organisasi di lingkungan     
       sekolah dan masyarakat.

V/2
Siswa dapat menentukan satu  di antara bentuk organisasi  di sekolah  yang memiliki tujuan tertentu.
14
3.2 Menyebutkan contoh
       organisasi di lingkungan     
       sekolah dan masyarakat.

V/2
Siswa dapat menentukan  satu di antara bentuk organisasi yang ada di sekolah yang merupakan mitra kerja kepala sekolah.
15
3.2 Menyebutkan contoh
       organisasi di lingkungan     
       sekolah dan masyarakat.

V/2
Siswa dapat menentukan  satu di antara bentuk organisasi  kemasyarakatan yang ada di desa yang memberikan pelayanan di bidang tertentu.
16
3.3 Menampilkan peran serta
       dalam memilih
       organisasi di sekolah.

V/2
Disajikan proses pemilihan pengurus dalam organisasi di sekolah, siswa dapat menentukan  peran sertanya.
17
8
4.   Menghargai keputusan bersama.
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

V/2
Siswa dapat menentukan contoh  bentuk keputusan bersama.
18
4.2 Mematuhi keputusan    bersama.
V/2
Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap hasil keputusan bersama.
19
9
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1     Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
VI/I
Siswa dapat menentukan  nilai-nilai keteladanan  para tokoh  yang terkandung dalam proses perumusan Pancasila.
20
1.2     Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
VI/1
Siswa dapat menentukan  nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila.yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
21
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang       berperan dalam proses       perumusan Pancasila       sebagai Dasar Negara      dalam kehidupan sehari-hari.
VI/1
Disajikan gambar tokoh perumus dasar negara,  siswa dapat menentukan nama  tokoh tersebut.
22
10
2.   Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.      
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
VI/1
Siswa dapat menentukan  salah satu  tahapan dalam persiapan Pemilu.
23
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
VI/1
Siswa dapat menentukan  satu di antara tahapan pelaksanaan Pemilukada.
24
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
VI/1
Siswa dapat menentukan lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
25
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
VI/1
Siswa dapat menentukan satu di antara tugas-tugas lembaga negara sesuai hasil amandemen.
26
2.3  Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan        pusat dan daerah.
VI/1
Disajikan tabel lembaga pemerintahan pusat dan daerah, siswa dapat menentukan lembaga penyelenggara pemerintahan daerah.
27
2.3 Mendeskripsikan tugas  dan fungsi pemerintahan       pusat dan daerah.
VI/1
Siswa dapat menentukan salah satu dari asas pemerintahan provinsi, kabupaten/kota.
28
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
VI/1
Disajikan uraian tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah, siswa dapat menentukan tugas dari pemerintahan pusat.
29
11
3.   Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara- negara di Asia Tenggara.
3.1 Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
VI/2
Siswa dapat menjelaskan tujuan adanya kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
30
3.2 Memberikan contoh       peran  Indonesia dalam lingkungan negara-negara
      di Asia Tenggara.

VI/2
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara.
31
12
4.   Memahami peranan politik luar negeri Indonesi dalam era globalisasi.
4.1 Menjelaskan politik luar negeri  Indonesia yang bebas dan aktif.

VI/2
Siswa dapat menjelaskan makna politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
32
4.1 Menjelaskan politik luar negeri  Indonesia yang bebas dan aktif.
VI/2
Siswa dapat menjelaskan salah satu tujuan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.

33
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang  bebas dan aktif.
VI/2
Siswa dapat menyebutkan  wujud nyata politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
34
4.2 Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.
VI/2
Siswa dapat menyebutkan contoh  peran aktif  Indonesia dalam hubungan internasional.
35
13
1.   Memahami sistem pemerintahan desa  dan pemerintah  kecamatan .                                                                     
1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
IV/1
Siswa dapat menentukan  salah satu unsur pemerintahan kecamatan.
36
14
3.   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri.
IV/2
Siswa dapat menentukan salah satu hak prerogratif presiden.
37
15
1.   Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.3     Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
V/1
Siswa dapat menentukan sikap untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
38
16
3.   Memahami kebebasan berorganisasi.
3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

V/2
Siswa dapat menentukan peran serta dalam memilih suatu organisasi di sekolah.
39
4.   Menghargai keputusan bersama.
4.1 Mengenal  bentuk-bentuk keputusan bersama.

V/2
Disajikan diskripsi tentang proses pemilihan ketua RT, siswa dapat menentukan bentuk  hasil  keputusan bersama.
40
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses. perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

VI/1
Disajikan pernyataan nilai-nilai juang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,  siswa dapat menentukan nilai yang sesuai dengan proses perumusan Pancasila.


41
1.3 Meneladani nilai-nilai       juang para tokoh yang       berperan dalam proses       perumusan Pancasila       sebagai Dasar Negara       dalam kehidupan sehari-hari.

VI/1

Disajikan gambar salah satu tokoh perumus Pancasila, siswa dapat menentukan peran tokoh tersebut.
42
17
2.   Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.      
2.1  Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
VI/1
Disajikan uraian tentang pelaksanaan  Pemilu,  siswa dapat menentukan asas Pemilu.
43
2.1 Menjelaskan proses       Pemilu dan Pilkada.
VI/1
Siswa dapat menentukan salah satu  persyaratan bagi pemilih dalam Pemilu.
44
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
VI/1
Siswa dapat menentukan salah satu tugas lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
45
18
3.   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat,  seperti  MPR,  DPR,  Presiden,  MA,  MK dan BPK dll.
IV/2
Siswa dapat membuat bagan/struktur organisasi pemerintahan pusat sesuai UUD 1945 yang sudah diamandemen.
46
19
4.   Menghargai keputusan bersama.
4.2 Mematuhi keputusan        bersama.

V/2
Siswa dapat menyebutkan 4 sikap terhadap hasil keputusan bersama.
47
20
3.   Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara- negara di Asia Tenggara.
3.1 Menjelaskan  pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
VI/2
Siswa dapat menyebutkan 4 bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik dan keamanan.
48
3.2 Memberikan contoh       peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.


VI/2
Siswa dapat menyebutkan 4 contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
49
21
4.   Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
4.2 Memberikan contoh peranan  politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.
VI/2
Siswa dapat menyebutkan 3 prinsip pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar