KISI-KISI
UJIAN TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Mata
Pelajaran : PKn
Alokasi
Waktu : 120 menit
Jumlah
Soal : 50 soal
Bentuk
Soal : a. Pilihan Ganda : 35 soal
b. Isian :
10 soal
c. Uraian : 5 soal
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
Smt
|
Indikator
|
No
soal
|
1
|
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
1.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
IV/1
|
Siswa dapat
menentukan lembaga
pemerintahan desa yang bertugas menampung
dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa.
|
1
|
1.2 Menggambarkan
struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.
|
IV/1
|
Disajikan bagan/struktur pemerintahan desa yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapinya.
|
2
|
||
2
|
2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
.
|
2.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
|
IV/1
|
Siswa dapat menyebutkan
salah satu hak dari DPRD.
|
3
|
3
|
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
|
3.2. Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti:
Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri.
|
IV/2
|
Siswa dapat
menentukan organisasi di tingkat pusat yang membantu presiden dalam
melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari.
|
4
|
4
|
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
|
4.1 Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
|
IV/2
|
Siswa dapat menjelaskan salah satu dampak
positif dari pengaruh globalisasi di lingkungannya.
|
5
|
4.2
Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam
misi kebudayaan internasional.
|
IV/2
|
Siswa dapat menentukan salah satu jenis budaya Indonesia yang
pernah ditampilkan dalam misi internasional.
|
6
|
||
4.3 Menentukan
sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di
lingkungannya.
|
IV/2
|
Siswa dapat menentukan salah satu
sikap dalam
menanggulangi pengaruh negatif dari globalisasi
di bidang IPTEK.
|
7
|
||
5.
|
1. Memahami
pentingnya keutuhan
Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
1.3 Menunjukkan contoh- contoh
perilaku dalam menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia .
|
V/1
|
Siswa dapat menentukan salah satu contoh
perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
8
|
6
|
2. Memahami
peraturan perundang-undangan tingkat
pusat dan daerah.
|
2.1
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya peraturan perundang – undangan tingkat pusat dan daerah.
|
V/1
|
Siswa
dapat menentukan salah satu dari tujuan dibuatnya peraturan perundang-undangan baik di tingkat pusat
maupun daerah.
|
9
|
2.2
Memberikan
contoh peraturan
perundang-undangan tingkat
pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan
merokok.
|
V/1
|
Siswa dapat menentukan salah satu contoh peraturan perundang-undangan yang dibuat
oleh Pemerintah Daerah.
|
10
|
||
2.2 Memberikan
contoh peraturan
perundang-undangan tingkat
pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalulintas, larangan
merokok.
|
V/1
|
Disajikan
daftar peraturan perundang-undangan,
siswa dapat menyebutkan jenis peraturan yang
dibuat oleh pemerintah pusat.
|
11
|
||
2.2 Memberikan
contoh peraturan
perundang-undangan tingkat
pusat dan daerah seperti pajak, anti korupsi, lalulintas, dan larangan
merokok.
|
V/1
|
Siswa dapat menentukan
lembaga
pemerintahan yang berwenang membuat peraturan daerah.
|
12
|
||
7
|
3. Memahami kebebasan
berorganisasi.
.
|
3.1
Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
|
V/2
|
Siswa dapat menentukan
pengertian
organisasi.
|
13
|
3.2
Menyebutkan
contoh
organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
|
V/2
|
Siswa
dapat menentukan satu di antara bentuk
organisasi di
sekolah yang memiliki
tujuan tertentu.
|
14
|
||
3.2
Menyebutkan
contoh
organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
|
V/2
|
Siswa
dapat menentukan satu di antara bentuk organisasi yang ada di
sekolah yang merupakan mitra kerja kepala sekolah.
|
15
|
||
3.2
Menyebutkan
contoh
organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
|
V/2
|
Siswa
dapat menentukan satu di antara bentuk organisasi
kemasyarakatan
yang ada di desa yang memberikan pelayanan
di bidang tertentu.
|
16
|
||
3.3
Menampilkan
peran serta
dalam memilih
organisasi di sekolah.
|
V/2
|
Disajikan proses pemilihan pengurus dalam organisasi di
sekolah, siswa
dapat menentukan
peran sertanya.
|
17
|
||
8
|
4. Menghargai keputusan bersama.
|
4.1 Mengenal bentuk-bentuk
keputusan bersama.
|
V/2
|
Siswa dapat menentukan contoh bentuk
keputusan bersama.
|
18
|
4.2 Mematuhi keputusan bersama.
|
V/2
|
Siswa dapat
menentukan sikap yang tepat terhadap hasil keputusan bersama.
|
19
|
||
9
|
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
1.1 Mendiskripsikan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
VI/I
|
Siswa dapat menentukan nilai-nilai keteladanan para tokoh
yang terkandung dalam proses perumusan Pancasila.
|
20
|
1.2 Menceritakan
secara singkat nilai kebersamaan dalam
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila.yang dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
21
|
||
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
|
VI/1
|
Disajikan gambar
tokoh perumus dasar negara, siswa dapat menentukan nama
tokoh tersebut.
|
22
|
||
10
|
2. Memahami sistem pemerintahan Republik
Indonesia.
|
2.1 Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada.
|
VI/1
|
Siswa dapat
menentukan salah satu tahapan dalam persiapan Pemilu.
|
23
|
2.1 Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan satu di antara tahapan
pelaksanaan Pemilukada.
|
24
|
||
2.2 Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
|
25
|
||
2.2 Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
|
VI/1
|
Siswa
dapat menentukan satu di antara
tugas-tugas lembaga negara sesuai hasil amandemen.
|
26
|
||
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat dan daerah.
|
VI/1
|
Disajikan
tabel lembaga pemerintahan
pusat dan daerah,
siswa dapat menentukan lembaga
penyelenggara pemerintahan daerah.
|
27
|
||
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
|
VI/1
|
Siswa
dapat menentukan salah satu dari asas pemerintahan provinsi,
kabupaten/kota.
|
28
|
||
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
|
VI/1
|
Disajikan
uraian tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah, siswa dapat menentukan tugas dari
pemerintahan pusat.
|
29
|
||
11
|
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-
negara di Asia Tenggara.
|
3.1 Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
|
VI/2
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adanya kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
|
30
|
3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara
di Asia
Tenggara.
|
VI/2
|
Siswa dapat
menyebutkan
salah satu contoh peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara.
|
31
|
||
12
|
4. Memahami peranan politik luar negeri Indonesi dalam
era globalisasi.
|
4.1 Menjelaskan politik luar negeri
Indonesia
yang bebas dan aktif.
|
VI/2
|
Siswa dapat menjelaskan makna politik
luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
|
32
|
4.1 Menjelaskan politik luar negeri
Indonesia
yang bebas dan aktif.
|
VI/2
|
Siswa dapat menjelaskan salah satu tujuan politik
luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
|
33
|
||
4.1. Menjelaskan politik luar negeri
Indonesia yang bebas dan aktif.
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan wujud nyata politik luar negeri Indonesia
yang bebas dan aktif.
|
34
|
||
4.2 Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan
contoh peran aktif Indonesia
dalam hubungan internasional.
|
35
|
||
13
|
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan .
|
1.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
IV/1
|
Siswa dapat menentukan
salah satu
unsur pemerintahan kecamatan.
|
36
|
14
|
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
|
3.2 Menyebutkan organisasi
pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para
Menteri.
|
IV/2
|
Siswa dapat
menentukan salah
satu hak prerogratif
presiden.
|
37
|
15
|
1. Memahami pentingnya keutuhan
Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
1.3 Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan
NKRI
|
V/1
|
Siswa
dapat menentukan sikap untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
|
38
|
16
|
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
|
3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih
organisasi di sekolah.
|
V/2
|
Siswa dapat
menentukan peran
serta dalam memilih suatu organisasi di sekolah.
|
39
|
4. Menghargai keputusan bersama.
|
4.1 Mengenal bentuk-bentuk
keputusan bersama.
|
V/2
|
Disajikan diskripsi tentang proses
pemilihan ketua RT, siswa dapat menentukan bentuk hasil keputusan bersama.
|
40
|
|
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam
proses. perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
VI/1
|
Disajikan pernyataan nilai-nilai juang dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, siswa dapat menentukan nilai yang sesuai dengan proses perumusan Pancasila.
|
41
|
|
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
|
VI/1
|
Disajikan gambar
salah satu tokoh perumus Pancasila, siswa
dapat menentukan peran tokoh tersebut.
|
42
|
||
17
|
2. Memahami sistem pemerintahan Republik
Indonesia.
|
2.1 Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada.
|
VI/1
|
Disajikan uraian tentang
pelaksanaan
Pemilu, siswa dapat menentukan asas Pemilu.
|
43
|
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
|
VI/1
|
Siswa dapat menentukan salah satu persyaratan
bagi pemilih dalam Pemilu.
|
44
|
||
2.2 Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
|
VI/1
|
Siswa
dapat menentukan salah satu tugas lembaga negara
sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
|
45
|
||
18
|
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
|
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat,
seperti MPR, DPR,
Presiden, MA, MK dan BPK dll.
|
IV/2
|
Siswa dapat membuat bagan/struktur organisasi
pemerintahan pusat sesuai UUD 1945 yang sudah diamandemen.
|
46
|
19
|
4. Menghargai keputusan bersama.
|
4.2 Mematuhi keputusan bersama.
|
V/2
|
Siswa dapat menyebutkan 4 sikap terhadap hasil
keputusan bersama.
|
47
|
20
|
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-
negara di Asia Tenggara.
|
3.1 Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara
Asia Tenggara.
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan 4 bentuk kerjasama
negara-negara ASEAN di bidang politik
dan keamanan.
|
48
|
3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan 4 contoh peran
Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
|
49
|
||
21
|
4. Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam
era globalisasi.
|
4.2 Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia
dalam percaturan internasional.
|
VI/2
|
Siswa dapat menyebutkan 3 prinsip pelaksanaan
politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar